Minggu, 13 November 2011

KASUS Prilaku Konsumen "Rokok Crystal"

Tugas 2
PERILAKU KONSUMEN 



Penyebab turunya penjualan Crystal (Rokok) akibat pemerintah yang menaikan cukai rokok, sehingga produsen harus ikut menaikan harga produknya untuk bisa menutupi dan menyeimbangi biaya produksi yang ikut membengkak akibat kenaikan cukai rokok yang dikeluarkan produsen .Hal ini berakibat sangat besar terhadap perubahan perilaku konsumen terhadap produk cystal tersebut , konsumen mungkin akan merubah keputusan untuk tidak  membeli rokok crytal lagi karna harganya yang sudah tidak terjangkau lagi yang melebihi daya beli konsumen yang mencari harga yang murah dan terjangkau .





Turunnya penjualan rokok crystal sangat  berhubungan  dengan perilaku  konsumen .
bentuk-bentuk perilaku konsumen yang menyebabkan terjadinya penurunan penjualan  crystal yaitu
Perilaku konsumen yang dilihat dari Pengaruh lingkungan dan psikologisnya  antara lain “situasi “  ,”perubahan sikap” dan “perilaku” . Situasi yang telah terjadi seperti cukai rokok yang naik dan mengakibatkan  harga crystal  ikut di naikan oleh produsen . Ini menjadi hal utama dalam perubahan perilaku konsumen .Konsumen merubah keputusan membelinya dengan  mengambil keputusan tidak mengkonsumsi crystal  lagi karna harganya tidak sesuai dengan daya beli mereka. Maka dengan sendirinya secara otomatis  telah terjadi perubahan sikap dan perilaku konsumen terhadap cystal.Konsumen hidup dalam lingkungan yang kompleks, dimana perilaku keputusan mereka di pengaruhi oleh faktor lingkungan dan faktor psikologis .






Agar tidak terjadi penurunan penjualan crystal  salah satu cara dengan  mendesain ulang crystal, mengurangi biaya, Selain itu kita bisa melakukan berbagai promosi agar produk yang sudah mengalami penurunan tersebut  tergantikan oleh produk baru yg telah didesain ulang yang tidak jauh berbeda dengan cystal .