Minggu, 20 Februari 2011

TUGAS 1 Pkn (Narkoba)

BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang
Kasus penyalahgunaan Narkoba menjadi masalah yang krusial di indonesia. Masalah sosial yang perlu penanganan segera dan menjadi agenda untuk membenahinya.Permasalahan mengenai penyalahgunaan dan peredaran narkoba di Indonesia menunjukkan adanya kecenderungan yang terus meningkat, hal tersebut terlihat dari peningkatan angka kejahatan narkotika yang ditangani oleh Polri maupun data dari Lembaga Pemasyarakatan. Masalah ini merupakan ancaman yang serius bukan saja terhadap kelangsungan hidup dan masa depan pelakunya tetapi juga sangat membahayakan bagi kehidupan masyarakat, bangsa dan negara kita.

2. Tujuan
Penanggulangan masalah penyalahgunaan Narkoba mempunyai tujuan untuk :
a.Meningkatkan pendayagunaan potensi dan kemampuan masyarakat dalam mencegah penyalahgunaan dan peredaran narkoba.
b.Meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat terhadap bahaya penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

3. Sasaran
Sasaran dalam penanggulangan masalah penyalahgunaan Narkoba yaitu :
a. Tercapainya peningkatan pendayagunaan potensi dan kemampuan masyarakat
dalam mencegah penyalahgunaan dan peredaran narkoba.
b. Tercapainya peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat terhadap
bahaya penyalahgunaan dan peredaran narkoba



1


BAB II

PERMASALAHAN

a.      Intensitas dan Kompleksitas Masalah

1.Meningkatnya masyarakat ekonomi lemah,yang memanfaatkan penyalahgunaan dan peredaran Narkoba untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

2.Masih banyak Lingkungan keluarga yang kurang baik padahal lingkungan keluarga sangat besar pengaruhnya pada pergaulan bebas dan penyalahgunaan narkoba.

3.Kurangnya pengawasan sekolah-sekolah terhadap pelajar sebab sekolah juga merupakan lingkungan yang sangat besar pengaruhnya bagi perkembangan kepribadian remaja, baik untuk pengembangan ilmu pengetahuan maupun pengaruh negatif .

4.Minimnya dalam mengembangkan pengetahuan kerohanian atau keagamaan pada setiap pribadi individu tentang Narkoba.

5.Kurangnya pengawasan lingkungan untuk mengurangi atau meniadakan kesempatan terjadinya penyalahgunaan narkotika.
  
b.      Latar Belakang Masalah 
Di Indonesia masalah penyalahgunaan Narkoba semakin meluas baik perdagangannya maupun  peredarannya, upaya pemberantasan harus terus dilakukan dan keseriusan penegakan hukum terhadap pelakunya harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh.  Peredaran dan pemakaian narkoba sekarang ini  tidak lagi milik kalangan tertentu saja tetapi telah menjadi pilihan banyak orang yang terdesak dalam keadaan ekonomi akibat krisis yang masih berlangsung hingga saat ini dan semakin bebasnya pergaulan di lingkungan masyarakat.

Golongan ekonomi lemah berada sangat dekat pada pilihan untuk mengedarkan menjual dan menjajakan barang terlarang ini dengan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarganya,dan mengenai pergaulan bebas di lingkungan masyarakat pemakaian Narkoba menjadi jalan satu-satunya bagi mereka yang mempunyai masalah-masalah indivudual.

Dengan demikian masalah narkoba semakin menjadi ancaman nasional baik itu dilihat dari perspektif penghancuran sebuah generasi yang banyak menyebabkan kerugian baik materi maupun non materi.


c.       Upaya Penanganan Masalah
1.Memberikan kesempatan peluang pekerjaan bagi masyarakat agar dapat meningkatkan taraf hidup dengan cara yang positif.

2.Upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran narkoba perlu dilakukan secara komprehensif dan multi dimensional, dengan melibatkan berbagai pihak terkait, baik pemerintah maupun masyarakat.

3.Pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dilakukan dengan membangun upaya pencegahan berbasis masyarakat, termasuk didalamnya melalui jalur pendidikan sekolah maupun luar sekolah, dengan menggugah dan mendorong kesadaran, kepedulian dan keaktifan masyarakat.

4.Mengembangkan pengetahuan kerohanian atau keagamaan tentang penyalahgunaan Narkoba.

5.Pelaksanaan penegakan hukum harus dilakukan secara tegas, konsisten dan sungguh – sungguh sesuai dengan ketentuan perundang – undangan, serta bagi penyalahguna narkoba diberikan kewajiban untuk menjalani terapi dan rehabilitasi yang disediakan oleh pemerintah.

.










BAB III
KESIMPULAN

1.  Kesimpulan
Dalam upaya penanggulangan penyalahgunaan Narkoba di Indonesia hingga saat ini telah banyak dilakukan tetapi sampai saat ini peredaran dan pemakaian Narkoba di Indonesia masih sangat besar  karena masalah Narkoba yang kompleks dan menuntut penanganan yang komprehensif dan berkelanjutan dan juga karena terdapat faktor-faktor yang menghambat menurunan jumlah penyalahgunaan Narkoba seperti masih banyaknya masyarakat ekonomi lemah yang memilih mengedarkan Narkoba untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, terbatasnya pengetahuan masyarakat mengenai penyalahgunaan dan peredaran Narkoba.Semua itu menjadi agenda yang harus dibenahi oleh kita semua dan membutuhkan upaya keras dalam menanggulanginya semua itu menjadi tanggung jawab bersama bukan hanya pemerintah tetapi masyarakat  indonesia dalam memberantas penyalahgunaan Narkoba di indonesia.

2.  Referensi
·        www.bappenas.go.id
·        www.bnn.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar