Jumat, 22 April 2011

TUGAS 10 Pkn (Curanmor)

BAB 1
PENDAHULUAN


1.      Latar Belakang
Kejahatan merupakan masalah yang tidak asing lagi masyarakat Indonesia terutama di kota besar.Kejahatan merupakan masalah yang komplek yang setiap waktu dihadapi oleh penegak hukum. Kejahatan yang sering meningkat cenderung di pengaruhi oleh krisis multi dimensi yang melanda Indonesia pada pertengahan tahun 1997 lalu. Badai krisis tersebut mengakibatkan meningkatnya penggangguran pada lapisan masyarakat dan mengurangi daya beli masyarakat ,masyarakat sering mendapat tekanan psikis dalam memenuhi kebutuhan hidupnya .Hal tersebut berpotensi menyebabkan semakin tingginya angka kejahatan di Indonesia .

Kasus kejahatan yang terjadi dala masyarakat sangat beragam jenisnya,salah satunya adalah pencurian kendaraan bermotor yang marak terjadi . Kasus ini menimbulkan dampak buruk selain dapat melukai korban pelaku pun tega menhilangkan nyawa orang lain. Masalah ini pun mencuri perhatian media baik cetak maupun elektonik ,pemberitaan mengenai curanmor hampir setiap hari menhiasi surat kabar cetak maupun siaran di televisi nasional.

Meningkatnya kasus curanmor ini memang tidak dapat terelakan akibat meningkatnya laju pertumbuhan kendaraan bermotor yang cukup tinggi.Dari data dinas perhubungan menyatakan laju pertumbuhan kendaraan bermotor sudah tidak sebanding dengan panjang  jalan yang ada,dan panjang jalan sudah tidak dapat menampung volume kendaraan.hal tersebut dapat menimbulkan rendahnya faktor keselamatan serta meningkatnya faktor kelalaian dalam penggunaan kendaraan bermotor. Kelalaian tersebut dapat memudahkan terjadinya tindak pencurian kendaraan bermotor.

Dalam kenyataan kasus curanmor cenderung masih menunjukan angka yang cukup tinggi ,keadaan ini sangat memprihatinkan mengingat timbulnya keresahan dalam masyarakat sebagai korban kejahatan pencurian kendaraan bermotor dan kasus ini sudah tersusun dalam KUHP Pasal 362  dan pasal 363 yang melawan hukum. Dari uraian diatas kasus curanmor menjadi tugas bagi aparat penegak hukum dan masyarakat untuk mencegah dan menanggulangi pencurian kendaraan bermotor di Indonesia.

2.      Tujuan
Dari penulisan ini terdapat tujuan yang akan dicapai diantaranya :
a.       Agar dapat diketahui faktor-faktor yang menyebabkan tindak kejahatan curanmor
b.      Agar hukum yang mengatur tentang pencurian kendaraan bermotor dapat berfungsi dengan baik.
c.       Agar dapat mempengaruhi angka kejahatan curanmor memjadi lebih kecil 
d.      Agar pemerintah dapat melaksanakan pembangunan dengan baik sehingga pertumbuhan ekonomi dapat berjalan baik dan mengurangi kemiskinan yang akan berdampak mengurangi kriminalitas.
















BAB II
PERMASALAHAN

1.            Faktor faktor terjadinya permasalahan
Berikut faktor-faktor terjadinya permasalahan pencurian kendaraan bermotor   adalah sebagai berikut :
a.             Faktor kelalaian korban sendiri
b.            Faktor pendidikan ,pendidikan mempunyai peranan penting bagi penghidupan yang layak
c.             Adanya pengaruh pergaulan dalam lingkungan,
d.            Faktor ekonomis, kebutuhan ekonomi yang mendesak
e.             Faktor kesempatan dari pelaku
f.              Pertumbuhan penduduk di negara-negara berkembang lebih besar daripada pertumbuhan ekonomi sehingga secara komparatif tidak memberikan peningkatan taraf hidup secara signifikan
g.             Belum meratanya program pembangunan khususnya pedesaan, di luar jawa ,daerah terpencil dan daerah perbatasan.


2.            Dampak yang terjadi dari permasalahan
Masalah pencurian kendaraan bermotor akan memberikan dampak sebagai berikut:
a.             Hilangnya keseimbangan, ketentraman dan ketertiban masyarakat
b.            Pencurian kendaraan bermotor  sering melibatkan kekasaran, dapat menyebabkan jatuhnya korban
c.             Dapat melahirkan tesa kejahatan dan antitesa kejahatan yang baru serta berkelanjutan.
d.            Semakin meningkatnya tingkat kriminalitas di Indonesia.




3.            Upaya penanggulangan permasalahan
Upaya-upaya yang harus dilakukan untuk menanggulangi masalah pencuriaan kendaraan bermotor adalah sebagai berikut :
a.             Memahami sifat, intensitas, frekuensi, dan luas kejahatan dalam masyarakat.
b.            Pengamanan diri sendiri masyarakat sangat penting dilakukan di luar adanya pengamanan oleh aparat kepolisian
c.             Melaksanakan pembangunan dengan baik dan merata agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi penggaguran sehingga dapat menurunkan ekonomi lemah masyarakat
d.            Perundang-undangan berfungsi untuk menganalisis dan menekan kejahatan dengan mempertimbangkan masa depan.
e.             melakukan patroli, melakukan operasi, melakukan himbauan kepada masyarakat agar lebih waspada
















BAB III
PENUTUP
1.      Kesimpulan
Dewasa ini di kota besar  masalah pencurian kendaraan motor sudah menjadi masalah yang marak terjadi tindak kejahatan  tersebut banyak terjadi di hampir semua pelosok kota , dari daerah – daerah perkotaan padat penduduk,daerah-daerah yang sepi dan daerah yang rawan penjagaan oleh aparat yang berwajib.

Adapun faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya tindak kriminal curanmor seperi faktor pendidikan yang rendah, faktor ekonomi, faktor kelalaian dan faktor kesempatan dari pelaku.Dari tindak kriminal tersebut dapat menyebabkan dampak seperti hilangnya keseimbangan, ketentraman dan ketertiban di dalam kehidupan masyarakat, tindak kejahatan curanmor sendiri sering melibatkan kekasaran sehingga sering  menyebabkan jatuhnya korban dan dapat melahirkan tesa kejahatan dan antitesa kejahatan yang baru serta berkelanjutan serta semakin meningkatnya tingkat kriminalitas di Indonesia.
Untuk menanggulangi terjadinya masalah curanmor  di Indonesia diperlukan adanya  Peningkatan dan pemantapan aparat penegak hukum meliputi pemantapan organisasi, personal, sarana, prasarana serta Perundang-undangan berfungsi dengan baik dan adanya partisipasi masyarakat dan aparat penegak hukum untuk saling berhubungan sehingga membantu kelancaran pelaksanaan penanggulangan kriminalitas.

2.      Referensi
a.             www.ppsub.ub.ac.id
b.            www.eprints.umm.ac.id
c.             www.scribd.com
d.            www.library.upnvj.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar