Senin, 15 Oktober 2012

TUGAS 1 ETIKA BISNIS DALAM BERBISNIS


Etika Bisnis Dalam Berbisnis

Etika bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Etika Bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham, masyarakat.
Perusahaan meyakini prinsip bisnis yang baik adalah bisnis yang beretika, yakni bisnis dengan kinerja unggul dan berkesinambungan yang dijalankan dengan mentaati kaidah-kaidah etika sejalan dengan hukum dan peraturan yang berlaku.

Para pelaku bisnis di sekitar kita tidak semua menggunakan dan mengerti tentang etika dalam menjalankan bisnis. Masih banyak para pelaku bisnis melakukan pelanggaran etika dalam menjalankan kegiatan usahanya. Semua itu disebabkan oleh beberapa  faktor. Berikut adalah faktor- faktor yang mempengaruhi pelanggaran etika :
1. Kebutuhan  individu
2. Tidak  ada  pedoman
3. Perilaku dan kebiasaan individu yang terakumulasi dan tak dikoreksi
4. Lingkungan yang tidak  etis
5. Perilaku dari komunitas

Ketika ada pelanggaran etika dalam menjalankan kegiatan bisnis maka pelaku harus mengatasinya agar pelanggaran etika tidak terjadi lagi yaitu dengan cara sebagai berikut :
1.   Pengembangan tanggung jawab social (social responsibility) 
2. Menciptakan persaingan yang sehat
3.   Menumbuhkan sikap saling percaya antara golongan pengusaha kuat  dan lemah
4.   Konsekuen dan konsisten dengan aturan main yang telahdisepakati
5.   Menumbuhkembangkan kesadaran dan rasa memiliki terhadap apa yang telah disepakati
6. Perlu adanya sebagian etika bisnis yang dituangkan dalam suatu hukum positif yang berupa peraturan perundang-undangan


Adapun pelaku bisnis yang taat menjalankan  etika bisnis sebab mereka mengerti bahwa  etika bisnis dalam  perusahaan terasa sangat penting  karena untuk membentuk suatu perusahaan yang kokoh dan memiliki daya saing yang tinggi serta mempunyai kemampuan menciptakan nilai yang tinggi,diperlukan suatu landasan yang kokoh.  Biasanya dimulai dari perencanaan strategis , organisasi yang baik, sistem prosedur yang transparan didukung oleh budaya perusahaan yang handal serta etika perusahaan yang dilaksanakan secara konsisten dan konsekuen.
Berikut adalah alasan mengapa etika dalam berbinis sangat diperlukan :
1. Akan dapat mengurangi biaya akibat dicegahnya kemungkinan terjadinya friksi baik intern perusahaan maupun dengan eksternal.
2.  Akan dapat meningkatkan motivasi pekerja.
3.  Akan melindungi prinsip kebebasan berniaga
4.  Akan meningkatkan keunggulan bersaing


Nama : Novlina Purnama Dewi 
NPM : 13209296
Kls    : 4 EA 17

Tidak ada komentar:

Posting Komentar