Minggu, 28 Oktober 2012

TUGAS 3 Promosi & Pemasaran yang Beretika


Promosi dan Pemasaran yang beretika

Mempromosikan barang dan jasa adalah salah satu kegiatan yang penting bagi perusahan. Cara mempromosikan barang dan jasa harus dilihat dari kepentingan perusahaan dan harus dilihat pula dari sisi hak- hak konsumen yang menjadi salah satu etika dalam berbisnis.

Seperti yang kita ketahui ada Hak- hak konsumen yang dilindungi undang- undang dan harus diperhatikan dan menjadi pertimbangan oleh perusahaan sebelum menawarkan dan mempromosikan suatu barang dan jasa ke konsumen.
Berikut ini adalah Hak- hak konsumen :
1.      Hak atas kenyamanan dan keamanan, keselamatan mengkonsumsi barang dan jasa.
2.      Hak memilih barang dan jasa serta mendapatkan barang dan jasa tersebut sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan.
3.      Hak atas informasi yang benar dan jelas, jujur mengenai kondisi dan jaminan barang atau jasa tersebut.
4.      Hak untuk di dengar dan di dapat keluhannya atas barang atau jasa yang digunakan.
5.      Hak untuk diperlakukan dan dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif.
        
Dengan melihat Hak- hak konsumen diatas maka perusahaan dapat memikirkan bagaimana cara mempromosikan produk barang dan jasanya dengan melihat kepentingannya dengan tujuan mendapatkan Laba tanpa mengabaikan hak-  hak konsumen.

Sedangkan Promosi sendiri mempunyai arti suatu tindakan menginformasikan atau mengigatkan pelanggan mengenai suatu produk/merek tertentu.

Berikut ini adalah beberapa bauran cara promosi yang biasa dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan barang dan jasanya ke konsumen.

1.      Iklan :  Presentasi penjualan yang bersifat non personal yang dikomunikasikan dalam bentuk media atau non media dengan tujuan untuk mempengaruhi sejumlah besar pelanggan.
Iklan harus dapat memberikan informasi ke konsumen secara benar, Jelas dan jujur  mengenai barang dan jasa tersebut
.
2.      Penjualan Perseorangan :  Presentasi penjualan perorangan yang digunakan untuk mempengaruhi satu atau lebih pelanggan. Berfokus pada jenis-jenis pelanggan yang memiliki kemungkinan paling besar untuk membeli produk Berkomunikasi dengan calon pelanggan melalui telepon atau surat Menghubungi calon pelanggan .
Biasanya ini untuk sebuah produk yang special seperti menawarkan sebuah apartemen mewah atau mobil mewah dimana konsumen harus mendapatkan pelayanan dan perlakuan yang benar dan jujur tentang informasi sebuah produk.

3.      Promosi penjualan: sekumpulan kegiatan yang dimaksudkan untuk mempengaruhi pelanggan. Promosi penjualan dapat menjadi sarana efektif mendorong pelanggan membeli produk tertentu.
Mis : pabrik mobil memberikan cash back dalam periode pembelian tertentu Kupon Pemberian penghargaan (dalam bentuk kupon) kepada pelanggan yang setia membeli produk/jasa. Mis : Kupon penerbangan gratis bagi penumpang yang telah menggunakan jasa maskapai dalam jumlah tertentu Dipromosikan melalui media (surat kabar, dll) untuk mendorong pembelian suatu produk. Cara ini merupakan suatu bentuk hak konsumen yang diberikan perusahaan.

4.      Hubungan Masyarakat merujuk pada tindakan yang diambil dengan tujuan untuk menciptakan atau menjaga citra publik yang menguntungkan.
Manfaat menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat umum dan calon pelanggan untuk meningkatkan citra produk atau perusahaan.
Mengklarifikasi informasi sebagai tanggapan publisitas yang merugikan, memberikan informasi kepada publik mengenai perusahaan dan produknya. Humas juga merupakan bentuk promosi yang penting karena dengan ini konsumen akan mendapatkan haknya atas kenyamanan dan ditanggapi keluhan-keluhannya apabila terdapat sesuatu yang negatif yang di dengar oleh konsumen mengenai produk barang dan jasa yang dikonsumsinya.

Nama : Novlina Purnama Dewi
NPM  : 13209296
Kls     : 4 EA 17

Tidak ada komentar:

Posting Komentar