Rabu, 31 Oktober 2012

TULISAN 2 TANGGUNG JAWAB SOSIAL


Tanggung Jawab Sosial dalam Perusahaan (PT. Djarum)

Tanggung Jawab Sosial adalah salah satu komponen penting dalam menjalankan bisnis dan merupakan etika bisnis yang wajib dilakukan perusahaan. Perusahaan tidak bisa berdiri sendiri perusahaan memerlukan kemitraan yang dapat menciptakan hubungan saling timbal balik dengan institusi lain.

Dengan menggunakan pendekatan tanggung jawab sosial terhadap karyawan, pelanggan, masyarakat umum, dan dengan lingkungan sekitar merupakan perwujudan dari etika bisnis perusahaan, perusahaan tidak hanya mendapatkan keuntungan ekonomi, tetapi juga keuntungan secara social di Lingkungan. Dengan demikian keberlangsungan usaha tersebut dapat berlangsung dengan baik dan secara tidak langsung akan mencegah konflik yang merugikan.

Sebagai contoh tanggung jawab sosial suatu perusahaan dalam menjalankan bisnisnya seperti yang dilakukan oleh PT.DJARUM.
PT. DJARUM  adalah salah satu perusahaan rokok di Indonesia yang mengolah dan menghasilkan jenis rokok kretek dan cerutu. Perusahaan yang berdiri pada saat Indonesia telah merdeka pada tahun 1951 telah memiliki 76 lokasi kerja (70 di Kudus, 3 di Pati, 1 Rembang dan 2 di Jepara)
PT. Djarum memiliki lima nilai inti, yaitu :
1. Fokus pada pelanggan
2. Profesionalisme
3. Organisasi yang terus belajar
4. Satu keluarga
5. Tanggungjawab sosial

Dalam hal tanggung jawab sosial PT.Djarum telah melaksanakan tanggung jawab sosial terhadap karyawan, masyarakat umum, dan Lingkungan.

a.       Tanggung Jawab sosial kepada karyawan
PT.Djarum sangat memperhatikan karyawannya dengan memberikan jaminan sosial berupa jaminan kesehatan, hadiah tahunan, tunjangan, jaminan kecelakan,  pensiun serta memberikan beasiswa pendidikan pada anak-anak karyawan sehingga dapat melanjutkan pendidikannya dengan baik.  

b.      Tanggung Jawab Sosial kepada masyarakat umum.
Untuk melaksanakan tanggung jawab ini PT.Djarum melakukan Coorporate Social Responbility (CSR), yang sangat jelas saat ini, yaitu : Djarum memberikan dananya 30 Milliar dalam pembangunan lapangan bulutangkis, GOR PT.Djarum Bakti Bangsa, yang digunakan untuk merekrut para pemain bulutangkis yang handal berkelas dunia.

c.       Tanggung Jawab Sosial dalam bidang lingkungan
 PT.Djarum memiliki program penghijauan yang sudah dimulai sejak tahun 1977 dan telah berpengaruh terhadap masyarakat . Kota Kudus yang dulu gersang, dengan adanya program ini akhirnya kota Kudus dapat hijau kembali. Tidak hanya itu pada tahun 1980-1985, PT Djarum membagikan bibit mangga kepada 59 Desa di Kudus. Pada tahun 1995 sesuai dengan data dari Pemerintahan Propinsi mencatat bahwa penghasilan warga dari penjualan mangga mencapai 2,5 miliaran. Hingga saat ini pun program penghijauan itu terus berjalan.

Nama  : Novlina Purnama Dewi
Kls        : 4 EA 17
NPM    : 13209296

Tidak ada komentar:

Posting Komentar