Senin, 15 Oktober 2012

TUGAS 2 TANGGUNG JAWAB SOSIAL


Tanggung Jawab Sosial


Tanggung Jawab Sosial adalah salah satu komponen dari etika dalam menjalankan bisnis. Pengertian dari Tanggung Jawab Sosial adalah Suatu pengakuan dari perusahaan bahwa keputusan bisnis dapat mempengaruhi masyarakat (komunitas dan lingkungannya) dan secara luas meliputi  tanggung jawab perusahaan terhadap pelanggan, karyawan dan Kreditur.

Tanggung jawab sosial dapat dilakukan rutin dan nonrutin. Kegiatan rutin berbentuk partisipasi pada kegiatan masyarakat secara khusus terprogram dan dilaksanakan terus menerus, sedangkan kegiatan nonrutin dilaksanakan pada kondisi terentu yang memungkinkan perusahaan mempunyai kemampuan dan kapasitas untuk berpartisipasi.

Dalam menjalankan bisnis harus diperhatikan juga  tanggung jawab sosial perusahaan sebagai kewajiban organisasi usaha dalam rangka untuk melindungi lingkungan dan memajukan masyarakat di mana organisasi dan pasar perusahaan berada .Tanggung jawab sosial dunia bisnis bukanlah bentuk tanggung jawab yang dipaksakan apalagi atas dasar tekanan, ancaman, atau paksaan, melainkan tanggung jawab yang didasari kaidah moral, komitmen sosial, dan etika bisnis yaitu suatu tuntutan mengenai perilaku, sikap dan tindakan yang diakui, sehubungan suatu jenis kegiatan usaha suatu perusahaan terkait penerapan tanggung jawab sosial suatu perusahaan yang timbul dari dalam perusahaan itu sendiri .

 Tanggung jawab sosial dunia usaha dipengaruhi oleh berbagai kekuatan, yaitu
1.     Norma sosial dan budaya.
2.     Norma hukum serta regulasi.
3.     Praktik dan budaya organisasi.
Jadi, boleh dikatakan Tanggung Jawab Sosial terbentuk karena dorongan kemanfaatan, moralitas, dan keadilan.

Perusahaan tidak bisa berdiri sendiri perusahaan memerlukan kemitraan yang dapat menciptakan hubungan saling timbal balik dengan institusi lain. Perusahaan selain mengejar keuntungan ekonomi untuk kesejahteraan dirinya, juga memerlukan Sumber daya alam untuk mencapai tujuannya. Dengan menggunakan pendekatan tanggung jawab sosial dengan lingkungan sekitar dan merupakan perwujudan dari etika bisnis perusahaan, perusahaan tidak hanya mendapatkan keuntungan ekonomi, tetapi juga keuntungan secara social di Linkungan. Dengan demikian keberlangsungan usaha tersebut dapat berlangsung dengan baik dan secara tidak langsung akan mencegah konflik yang merugikan.

Nama : Novlina Purnama Dewi
NPM : 13209296
Kls    : 4 EA17

Tidak ada komentar:

Posting Komentar