Sabtu, 03 November 2012

TULISAN 4 ETIKA UTILITARIANISME DALAM BISNIS


Etika Utilitarianisme dalam Bisnis (Monopoli PT. PLN)

Etika Utilitarianisme adalah tentang bagaimana menilai baik buruknya suatu kebijaksanaan sosial politik, ekonomi dan legal secara moral. Dalam etika  utilitarianisme, manfaat dan kerugian selalu dikaitkan dengan semua orang yang terkait, sehingga analisis keuntungan dan kerugian tidak lagi semata-mata tertuju langsung pada keuntungan bagi perusahaan.


Utilitarianisme bisnis adalah etis, apabila kegiatan yang dilakukannya menghasilkan manfaat yang sebesar-besarnya pada masyarakat, jadi tindakan bisnis yang baik adalah bisnis yang  menghasilkan berbagai hal yang baik, bukan menghasilkan kerugian. Proses bisnis agar selalu memperoleh keuntungan daripada kerugian. Keuntungan dan kerugian tidak hanya mengenai finansial, tapi juga mengenai aspek-aspek moral seperti mempertimbangkan hak dan kepentingan konsumen dalam bisnis.


Tapi banyak kesulitan dalam penerapan Utilitarianisme yang mengutamakan kepentingan masyarakat luas sehingga dalam praktek bisnis sesungguhnya dapat menimbulkan kesulitan bagi pelaku bisnis.Contoh kasusnya seperti usaha PT. PLN.

         Usaha PT. PLN termasuk kedalam jenis monopoli murni ditunjukkan karena PT. PLN merupakan penjual atau produsen tunggal, memiliki produk yang unik dan tanpa barang pengganti yang dekat, serta kemampuannya untuk menerapkan harga berapapun yang mereka kehendaki. Dikarenakan PT. PLN memonopoli kelistrikan nasional, kebutuhan listrik masyarakat sangat bergantung pada PT. PLN, tetapi PT. PLN sendiri tidak mampu secara merata dan adil memenuhi kebutuhan listrik masyarakat. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya daerah-daerah yang kebutuhan listriknya belum terpenuhi dan juga sering terjadi pemadaman listrik secara sepihak. Kejadian ini menyebabkan bagi masyarakat, dan investor menjadi enggan untuk berinvestasi.

PT. Perusahaan Listrik Negara Persero) sesungguhnya mempunyai tujuan yang baik, yaitu bertujuan untuk memenuhi kebutuhan listrik nasional tetapi   dengan perbuatan atau tindakan yang baik, karena PT. PLN belum mampu memenuhi kebutuhan listrik secara adil dan merata serta PT PLN yang melakukan monopoli sehingga kebutuhan masyarakat akan listrik sangat bergantung pada PLN. Jadi menurut teori etika utilitaritas ini tidak etis dalam menjalankan kegiatan usaha bisnis.

Nama : Novlina Purnama Dewi
NPM : 13209296
Kls    : 4 EA 17

Tidak ada komentar:

Posting Komentar