Iklan Dan Dimensi Etisnya
Iklan sebagai pemberi
informasi tentang produk yang ditawarkan di pasar yang bertujuan untuk
mendekatkan barang yang hendak dijual kepada konsumen. Pengertian iklan sendiri
adalah suatu bentuk komunikasi tidak langsung yang didasari pada informasi
tentang keunggulan suatu produk sehingga mengubah pikiran konsumen untuk
melakukan pembelian.
Dalam bisnis yang beretika dimensi iklan harus sangat diperhatikan dan harus
sesuai dengan prinsip-prinsip etis dalam periklanan. Perusahaan harus membuat
iklan yang etis sesuai dengan nilai moral sebab iklan dilihat oleh khalayak
banyak masyarakat. Dimensi iklan yang etis yaitu
- Iklan
tidak boleh mengarah pada pemaksaan
- Iklan
wajib menyampaikan semua informasi tentang produk yang diiklankan
- Iklan
tidak boleh menyampaikan informasi yang palsu dengan maksud memperdaya
konsumen.
Adapan Prinsip –
Prinsip Etis Iklan yang harus di perhatikan perusahaan seperti :
a. Artistik: bernilai seni sehingga
mengundang daya tarik khalayak.
b. Estetis: berkaitan dengan kelayakan
(target market, target audiennya, kapan harus ditayangkan).
c.
Etis: berkaitan dengan kepantasan.
Sebagai
Contoh : Iklan yang beretika adalah ketika suatu perusahaan sabun mandi membuat
iklan atas produknya dimana iklan sabun mandi selalu Tidak dengan
memperlihatkan orang mandi secara utuh. Hal tersebut sudah merupakan iklan yang
beretika dimana perusahaan memegang nilai moral, keetisan, dalam pembuatan
iklan produk perusahaannya . Itu membuktikan bahwa perusahaan tersebut sudah
baik dalam menjalankan kegiatan
bisnisnya
Nama : Novlina Purnama
Dewi
NPM : 13209296
Kls : 4
EA 17
Tidak ada komentar:
Posting Komentar