Sabtu, 03 November 2012

TULISAN 7 IKLAN DAN DIMENSI ETISNYA



Iklan Dan Dimensi  Etisnya

Iklan sebagai pemberi informasi tentang produk yang ditawarkan di pasar yang bertujuan untuk mendekatkan barang yang hendak dijual kepada konsumen. Pengertian iklan sendiri adalah suatu bentuk komunikasi tidak langsung yang didasari pada informasi tentang keunggulan suatu produk sehingga mengubah pikiran konsumen untuk melakukan pembelian.

Dalam  bisnis yang beretika dimensi  iklan harus sangat diperhatikan dan harus sesuai dengan prinsip-prinsip etis dalam periklanan. Perusahaan harus membuat iklan yang etis sesuai dengan nilai moral sebab iklan dilihat oleh khalayak banyak masyarakat. Dimensi iklan yang etis yaitu 
- Iklan tidak boleh mengarah pada pemaksaan
- Iklan wajib menyampaikan semua informasi tentang produk yang diiklankan
 Iklan tidak boleh menyampaikan informasi yang palsu dengan maksud memperdaya konsumen.

Adapan Prinsip – Prinsip Etis  Iklan yang harus di perhatikan perusahaan seperti :
a.      Artistik: bernilai seni sehingga mengundang daya tarik khalayak.
b.  Estetis: berkaitan dengan kelayakan (target market, target audiennya, kapan harus ditayangkan).
c.       Etis: berkaitan dengan kepantasan.
        
Sebagai Contoh : Iklan yang beretika adalah ketika suatu perusahaan sabun mandi membuat iklan atas produknya dimana iklan sabun mandi selalu Tidak dengan memperlihatkan orang mandi secara utuh. Hal tersebut sudah merupakan iklan yang beretika dimana perusahaan memegang nilai moral, keetisan, dalam pembuatan iklan produk perusahaannya . Itu membuktikan bahwa perusahaan tersebut sudah baik  dalam menjalankan kegiatan bisnisnya

Nama : Novlina Purnama Dewi
NPM  : 13209296
Kls      : 4 EA 17

Tidak ada komentar:

Posting Komentar