Minggu, 04 November 2012

TULISAN 8 ETIKA PASAR BEBAS


Etika Pasar Bebas

Kegiatan bisnis yang semakin maju dan pesat membuat persaingan usaha para pebisnis juga semakin ketat. Dalam persaingan antar perusahaan terutama perusahaan besar dalam memperoleh keuntungan sering kali terjadi pelanggaran etika berbisnis.

Contohnya kasus seperti Dahulu ketika pada masa orde baru pemerintah telah memberi kesempatan dan peluang pada usaha-usaha tertentu untuk melakukan penguasaan pangsa pasar secara tidak wajar. Keadaan tersebut didukung oleh orientasi bisnis yang tidak hanya pada produk dan kosumen tetapi lebih menekankan pada persaingan sehingga etika bisnis tidak lagi diperhatikan dan akhirnya telah menjadi praktek monopoli, persengkongkolan dan sebagainya. Akhirnya dari  pelanggaran etika bisnis dan persaingan tidak sehat dalam upaya penguasaan pangsa pasar semakin memberatkan para pengusaha menengah kebawah yang kurang memiliki kemampuan bersaing karena perusahaan besar telah mulai merambah untuk menguasai bisnis.

Berikut ini adalah contoh penerapan Etika bisnis di Pasar bebas :
1.   Pebisnis harus mampu mengendalikan dirinya untuk tidak menerima apapun guna memperlancar usahanya dengan cara kotor (sogokan / korupsi).
2.   Pebisnis harus memperhatikan dan peduli akan masyarakat dan lingkungan sekitar perusahaan.
3.    Dalam menyusun rencana pelaku bisnis tidak hanya menyusun rencana jangka pendek saja tetapi juga menyusun rencana jangka panjang dan berkelanjutan.
4.      Pebisnis harus melakukan bisnis dengan cara wajar dan benar.
5.  Setiap peraturan dan perjanjian yang telah dibuat atau disepakati harus benar-benar dijalankan dengan konsisten dan konsekuen.

Nama  : Novlina Purnama Dewi
NPM  : 13209296
Kls     : 4 EA 17

1 komentar: